Home > anak, keluarga > Fritz Haber

Fritz Haber

Mungkin tidak banyak di antara kita yang tahu siapa Fritz Haber. Saya juga selama ini tidak tahu. Saya baru tahu minggu lalu, setelah dijelaskan anak lanang.

Anak lanang bercerita, minggu lalu di kelas IPA yang dia ikuti di sekolah, gurunya bertanya siapa saja ilmuwan yang dikenal oleh murid-murid. Beberapa nama ilmuwan terkenal disebutkan: Thomas Alva Edison, Albert Einstein, dan beberapa nama lainnya. Saat itu anak lanang menyebutkan nama Fritz Haber. Gurunya tidak mengenal siapa itu Fritz Haber. Secara ringkas anak lanang menjelaskan bahwa Fritz Haber adalah ilmuwan penemu proses kimia yang dapat menghasilkan amonia, yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Sebuah penemuan penting. Dia juga tahu bahwa pada akhirnya penemuan Fritz Haber ini digunakan untuk membuat bahan peledak. Fritz Haber juga menciptakan aneka gas beracun yang digunakan pada Perang Dunia 1. Meski demikian, bagian yang terkait perang ini tidak ia ceritakan di kelas.

Mendengar cerita ini, saya lalu bertanya padanya, dari mana ia tahu mengenai sosok Fritz Haber ini. Dia menyebutkan Veritasium, sebuah channel Youtube yang berisi banyak hal tentang sains. Saya pernah menonton beberapa video yang ada di dalamnya juga sebelumnya. Rupanya baru beberapa hari sebelumnya ia menonton video tentang Fritz Haber ini di situ.

Kami lalu berdiskusi mengenai sosok ini yang punya dua sisi: penemu hal yang bermanfaat untuk kehidupan manusia dan juga hal yang membahayakan hidup manusia.

Categories: anak, keluarga Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: