Home > lain-lain > Bepergian dengan menggunakan Google Maps

Bepergian dengan menggunakan Google Maps

Akhir Mei 2012 yang lalu, kami sekeluarga berkesempatan berliburan di Bali. Sedari awal memang kami berniat untuk menyewa mobil dan berkelana sendiri, dan mengandalkan Google Maps sebagai pemandu arah. Sekitar 4 tahun yang lalu, saya dan istri pernah bepergian keliling Jawa Tengah (dan sebagian kecil Jawa Barat) naik mobil dan dipandu oleh GPS. Waktu itu kami bisa mencapai tujuan dengan lancar, tidak ada masalah berarti. Sebuah pengalaman positif dengan GPS.

Di Bali, kami punya sejumlah tempat yang ingin kami tuju, di antaranya beberapa rumah teman dan kerabat, hotel, tempat wisata, tujuan wisata kuliner. Hampir semua lokasi yang hendak kami tuju dapat temukan di Google Maps, baik itu berupa titik lokasi sesuai nama tempat ataupun sekedar berupa nama jalan sesuai dengan alamat lokasi tujuan.

Bisa dibilang kami buta arah dan tempat sepenuhnya untuk daerah di Bali. Tapi peta jalan di Google Maps akurat, termasuk penanda searah atau dua arahnya seruas jalan. Salah satu kekurangan Google Maps adalah, Google Maps hampir selalu menunjukkan arah melalui jalan-jalan utama. Padahal biasanya jalan-jalan utama padat atau bahkan macet. Kombinasi dari petunjuk arah Google Maps (atau Google Maps Navigation for Mobile lebih tepatnya) dan analisis sendiri setelah melihat peta jalan di Google Maps sudah cukup untuk berkeliling di area Denpasar dan sekitarnya. Jalan menuju Bedugul juga terpetakan dengan lengkap.

Tentu Google Maps tidak mampu menginformasikan ruas jalan mana yang sering macet atau sedang mengalami perbaikan. Setelah sekali dua kali mendapati sebuah ruas jalan macet, kami bisa menentukan rute baru berdasarkan peta yang ada di Google Maps. Selain itu, seperti tadi sempat disinggung, jalan kecil tidak pernah masuk dalam rute panduan, padahal waktu tempuh bisa lebih singkat dengan melalui jalan kecil tersebut, semata karena tidak macet.

Categories: lain-lain Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: