Home > budaya > Yohanes – John – Jan – Jean – Joao

Yohanes – John – Jan – Jean – Joao

Waktu saya duduk di bangku SD dulu, saya pertama kali mengenal nama2 tokoh Alkitab dalam bahasa Inggris. Yohanes – John, Petrus – Peter, Yesus – Jesus, Matius – Matthew. Mengamati kemiripan bentuk penulisan nama2 ini menarik perhatian saya. Cukup dengan melihat nama versi Inggrisnya saja, saya dapat menebak padanan nama Indonesianya … untuk sebagian besar nama. Ternyata ada juga nama yang tidak mudah saya tebak padanannya, misalnya Isaiah (yang ternyata adalah Yesaya), atau Jesse (yang ternyata adalah Isai).

Semakin lama, pengamatan saya mulai meluas, baik lingkup katanya (tidak hanya seputar nama) maupun lingkup bahasanya (tidak hanya Indonesia dan Inggris). Saya menjumpai bahwa banyak kata yang sering kita pakai ternyata mirip bentuk dan maknanya dengan kata dari bahasa lain (atau malah berasal dari bahasa lain), misalnya sepatu dan zapata (Spanyol), atau almari / lemari dan armario (Spanyol), juga tiga dan tatlo (Filipina/Tagalog) — perhatikan juga telu (Jawa).

Semakin banyak saya menjumpai kesamaan2 semacam ini, membuat saya semakin berani menebak arti kata dalam suatu bahasa yang tidak saya kenal. Développement? Rasanya tidak terlalu sulit ditebak, ini kata bahasa Prancis yang sama dengan development dalam bahasa Inggris. Pour? For🙂

Bagaimana dengan ini:

Novembre?
Servir?
Lingua?
Documento?
Dios? Petunjuk: Theos
Texte? Texto?

Mungkin pengetahuan semacam ini tidak cukup untuk nekat melancong ke negeri dengan bahasa yang asing di telinga saya, tapi kalo untuk sekedar gaya2an ya lumayan lah🙂

Categories: budaya Tags: ,
  1. Agung Alfiansyah
    19/01/2010 at 17:46

    Sept=Tujuh; September=Bulan ketujuh.
    Octo=Delapan; November=Bulan kedelapan.
    Novum (Neuf, fr)=Sembilan; November=bulan ke sembilan.
    Deca =sepuluh; December=(harusnya) bulan ke sepuluh.
    tapi kok kenyataannya lain yah🙂, karena dulu memang bulan hanya sampai ke sepuluh …

    Dulu sebelum menara babel runtuh kan orang memang berbicara dengan satu bahasa :p, konon yang lagi pilek jadi orang prancis😀

  2. 19/01/2010 at 17:49

    Bener Mas, katanya bulan Januari dan Februari baru ditambahkan belakangan.

    Kalo nggak pilek nggak bisa ngomong Prancis ya?🙂

  3. kakilangit
    19/01/2010 at 18:52

    wajar, AFAIK tiap 9 dari 10 kata pada bahasa indonesia adalah serapan🙂

    dan yang menarik adalah bahasa basque, karena bahasa ini terpencil, tidak berhubungan dengan bahasa apapun di dunia, bisa jadi tak ada kesamaan pada kosakatanya

  4. 19/01/2010 at 19:15

    @ Kakilangit:
    “9 dari 10 kata pada bahasa Indonesia adalah serapan”
    Dari bukunya Remy Silado ya?🙂

    Basque: oh ya? Sumber infonya dari mana?
    Ini agak aneh, terutama melihat kenyataan bahwa bisa dibilang semua bahasa Eropa berkerabat. Pasti ada kemiripannya. Contoh yang gamblang ya soal nama itu tadi.

    Oh ya, kalo berminat soal kekerabatan nama, bisa lihat di http://www.namapedia.org

  5. kakilangit
    22/01/2010 at 06:58

    http://en.wikipedia.org/wiki/Basque_language
    http://www.omniglot.com/writing/basque.htm

    banyak kok mas sumbernya, bahasa ini terasing, tidak punya kerabat secara linguistik, menjadikannya bahasa tersulit untuk dipelajari

    Topa!

  6. 22/01/2010 at 08:44

    @ Kakilangit:
    Wah menarik juga ya.
    Aku coba cek di Google Translate Basque juga nggak ada. Adanya Catalan. Sama nggak ya? Perlu baca wikipedianya dulu nih.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: