Home > pekerjaan > Perusahaan Jakarta Menggunakan Jasa Headhunter Singapura

Perusahaan Jakarta Menggunakan Jasa Headhunter Singapura

Pagi tadi, saya menerima pesan dari seorang headhunter dari sebuah perusahaan Singapura. Intinya merasa tertarik dengan profil saya di LinkedIn, dan mengajak saya berkenalan untuk memperluas jaringan. Saya sih oke2 saja, tidak ada salahnya menambah kenalan. Saya sempat bertanya juga bagian mana dari profil saya yang baginya menarik. Terjadi saling membalas pesan. Ternyata ada perusahaan Jakarta yang membutuhkan seorang CIO (Chief Information Officer) / CTO (Chief Technical Officer), yang menggunakan jasanya untuk mendapatkan kandidat yang memenuhi kualifikasi. Kebetulan saya memang belum ada rencana untuk pindah karir, jadi saya menyatakan belum berminat atas peluang itu. Meski demikian, kami bersepakat untuk tetap saling kontak. Tapi bukan soal tawaran itu yang mau saya bahas sekarang.

Saya lebih tertarik pada fakta bahwa sebuah perusahaan Jakarta menggunakan jasa perusahaan Singapura untuk membantu mereka mencari kandidat untuk sebuah posisi di perusahaan mereka. Muncul sebuah pertanyaan besar di benak saya: apakah perusahaan Singapura memiliki informasi lebih baik tentang karakteristik kandidat yang diinginkan sebuah perusahaan Indonesia, tentang karakteristik tenaga kerja Indonesia (yang sekiranya sesuai dengan perusahaan Indonesia)? Jangan2 perusahaan Singapura itu memiliki data yang lebih baik dan lengkap tentang peta tenaga kerja profesional Indonesia, menyangkut tenaga profesionalnya sendiri ataupun pasar yang membutuhkan tenaga profesional itu? Kalo mau diperluas lagi, jangan2 banyak perusahaan Singapura yang memiliki informasi semacam itu?

Apakah sungguh sudah terlalu sulit bagi perusahaan Indonesia untuk mencari kandidatnya langsung di sini, baik melalui iklan ataupun perusahaan headhunter Indonesia, tanpa melalui perusahaan asing? Apakah mungkin juga tenaga profesional Indonesia lebih percaya pada tawaran2 perusahaan headhunter asing?

  1. 03/12/2009 at 22:17

    Kalau mau jujur, Mas. Perusahaan di Indonesia yang menggunakan jasa headhunter Singapura itu sebetulnya agak malas mencari informasi mengenai jasa headhunter yang ada di Indonesia dan terbelenggu pada paradigma keliru bahwa headhunter dari Singapura pasti lebih OK daripada headhunter lokal.

    Padahal jelas sekali kalau headhunter Indonesia pasti punya database kandidat dari Indonesia – di industri apapun – yang jauh lebih lengkap dibandingkan headhunter Singapura.

    Saya sendiri sama sekali tidak kuatir dengan fenomena ini, karena justru kebalikannya, saya justru banyak menangani recruitment assignments untuk senior level management positions untuk penempatan di Jakarta dari perusahaan-perusahaan yang memiliki regional office di Singapura.

  2. 03/12/2009 at 22:22

    “Padahal jelas sekali kalau headhunter Indonesia pasti punya database kandidat dari Indonesia – di industri apapun – yang jauh lebih lengkap dibandingkan headhunter Singapura.”

    Itulah yang saya herankan Mas, yang saya tulis pada artikel saya..

  3. bima sembodo
    13/04/2014 at 14:43

    Mungkin jga krena sdm headhunter lokal tidak berkualitas atau krang bonafid ataupun blum ada prusahaan headhunter indonesia yang “make wow people” trutama di indo atau bisa jadi mental inlander aka “lebih baik luar negeri keren and cool dripda indo jga bgitu”

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: