Home > sepeda > Bersepeda dan kaitannya dengan anggaran negara

Bersepeda dan kaitannya dengan anggaran negara

Berdebat soal ekonomi negara (terutama dalam kaitannya dengan soal neoliberalisme) sudah banyak kali dilakukan orang. Tapi apa hal nyata yang mau dilakukan untuk membuat negara ini jadi lebih baik?

Kemarin saya bersama beberapa teman bersepeda di seputaran Yogya. Dalam benak saya terpikir bahwa cukup dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, ada efek nyata atas anggaran negara yang bisa ditimbulkan.

1/ Konsumsi BBM

Saya mengamati bahwa biasanya orang menggunakan kendaraan bermotor untuk mengantar mereka menuju tempat kerja, sekolah, atau toko (termasuk mal dan pasar swalayan). Dan sebagian besar di antara tujuan tersebut dapat ditempuh dengan bersepeda, tidak harus dengan kendaraan bermotor. Dengan bersepeda, otomatis tingkat konsumsi BBM dapat ditekan, sehingga devisa negara yang dikeluarkan untuk penyediaan BBM dapat pula dikurangi.

2/ Anggaran untuk penyediaan dan perawatan jalan raya

Kendaraan bermotor, baik sepeda motor atau terlebih lagi mobil, membutuhkan ruang jalan yang lebih besar daripada sepeda. Selain itu, beban yang diterima jalan raya untuk penggunaan kendaraan bermotor lebih besar (beban lebih berat, harus mampu menanggung gerakan kendaraan yang lebih cepat). Dengan demikian, anggaran negara yang diserap untuk pengadaan dan perawatan jalan juga menjadi lebih besar. Ini dapat ditekan dengan meningkatkan penggunaan sepeda.

3/ Kesehatan masyarakat

Bersepeda jelas baik untuk kesehatan. Kesehatan penggunanya karena sekaligus berolahraga, juga kesehatan lingkungannya. Polusi jelas akan berkurang. Udara yang dihirup juga menjadi lebih bersih. Lalu apa kaitan kesehatan masyarakat dengan anggaran negara?

Dari beberapa kali bertemu dengan rekan yang bertugas di Puskesmas, saya menanyakan masalah kesehatan apa yang paling banyak dijumpai di Puskesmas. Jawabnya rata2 sama: ISPA (infeksi saluran pernafasan atas). Salah satu penyebab ISPA adalah menurunnya kualitas udara di lingkungan kita. Dengan bersepeda, tingkat polusi udara lebih rendah, udara menjadi lebih bersih, sehingga jumlah kasus ISPA dapat dikurangi. Akhirnya anggaran negara untuk mengatasi masalah ISPA juga dapat berkurang.

Ini cuma sekedar usulan sederhana, yang terpikir dan dituliskan begitu saja. Bagi yang berminat dengan data2 seperti: jumlah kendaraan bermotor dan panjang jalan raya di Indonesia, Anda dapat memperolehnya di website BPS (www.bps.go.id).

Sekedar catatan, saya juga belum lama ini (kembali) menggunakan sepeda (setelah terakhir rutin menggunakannya hampir 5 tahun yang lalu). Saya juga bukan (atau belum) merupakan anggota komunitas pengguna sepeda. Dan jelas, saya juga bukan pemilik toko sepedašŸ™‚

Categories: sepeda Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: