Home > pekerjaan > Heran

Heran

Sudah beberapa waktu lamanya, saya memasang iklan lowongan web programmer dan web designer di website usaha mungil saya. Selama beberapa waktu tersebut, sudah saya terima pula beberapa lamaran yang berusaha menjawab kebutuhan saya akan pekerja itu. Beberapa lamaran saya nilai baik, dengan ada 2 orang yang saat ini sedang saya uji dengan masing-masing 1 pekerjaan kecil, dengan nilai pembayaran yang sudah disepakati.

Namun yang ingin saya bahas di sini bukan itu. Di antara beberapa email yang masuk, yang berkaitan dengan iklan lowongan tersebut, ada beberapa email yang isinya ringkas dan padat: “Kalo saya kerja di tempat Bapak, gajinya berapa?”, tanpa embel-embel CV, dan… nama. Jadi, siapa yang mengirimkan email itupun saya tidak tahu namanya, saya hanya tahu alamat emailnya.

Yang saya herankan adalah, apa yang ada di benak mereka, sehingga ketika mereka mengirimkan email tersebut, terpikir untuk memperkenalkan diri dengan sopan pun tidak. Lagipula, menurut saya, gaji bukanlah suatu informasi yang mudah diumbar begitu saja, karena sifatnya yang cenderung personal dan fleksibel besarnya. Biasanya, gaji yang saya tawarkan saya sesuaikan dengan tingkat kemampuan orang tersebut, meskipun belakangan ini saya coba membuat suatu standar gaji untuk rekan-rekan kerja saya. Saya juga yakin, bahwa gaji yang saya tawarkan tersebut sangat layak, tidak kalah dengan usaha sejenis lain yang lebih besar.

Selain itu, bagi saya, bekerja adalah suatu hubungan yang timbal-balik. Tiap-tiap pihak memberi sekaligus juga menerima. Bukan semata satu pihak memberi, yang lainnya cuma menerima. Saya menduga, pengirim email tersebut belum menyadari bahwa menawarkan jasa yang dapat mereka berikan adalah salah satu bagian dari proses penentuan gaji. Saya juga menduga, mereka belum memahami bahwa memperkenalkan diri adalah salah satu bagian dari awal hubungan jangka panjang yang baik.

Categories: pekerjaan
  1. kirconknight
    22/08/2008 at 09:38

    ya.. mungkin mereka belum tau aja kali pak !!..
    dengan diposting di sini, mudahan – mudahan mereka baca dan mengerti !!

    btw, gaji nya berapa pak ? ^_^

    ===
    Albert: silakan kirimkan CV Anda, kalo Anda qualified, kita bisa ngobrolin gajišŸ™‚

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: